Kamis, 12 Maret 2015

esensi dari belajar vs hasyar untuk mendapatkan ipk tinggi





vs

 

 

 sebagai mahasiswa atau mahasiswi pasti pertanyaan ini yang kamu sering dapatkan ketika kamu bertemu teman lama ketika lama baik sd, smp atau sma pasti pertaan ini akan selalu muncul ketika mereka tahu kamu kuliah , pertanyaan ini akan muncul setelah mereka tahu kamu kamu kuliah dimana, jurusan apa dan semester apa , 

 

a;  ipmu berapa ?

sadar atau tidak sekarang banyak banget mahsiswa termasuk aku juga  yang bisa langsung stress kalau tahu ipk kita kecil atau malah turun , walaupun turunya cuma 0,1 rasa pasti ngenes banget, kayaknya dunia mau runtu  (  hehe agak alay kayaknya  :( :( pengalaman pribadi )  dan setelah tahu kalau ipk kita turun tentu hal kita lakuin mencari segala cara agar ipk kita naik, salah satu cara adalah ikut UP ( ujian perbaikan ) . dan berusaha keras di semester depan supaya ipk kita bisa naik......

pernah gx kita sebagai mahasiswa berpikir apa sich tujuan atau esensi kenapa kita kuliah atau lebih tepatnya belajar ?

apakah alasan  kita ketika kita mendaftarkan diri di suatu perguruan tinggi untuk dapat ipk tinggi ?

aku gak bilang ipk itu gx penting, malahan ipk itu penting banget loh buat kita. menurut aku ipk itu kayak fenomena gung es karena orang -orang cenderum nilai orang cerdar atau enggak dari ipk  and ipk tinggi akan nujukin kepribadian kita secara keseluruhan. kita bisa ngeliat ketika fenomena ipk ini ketika ketemu dosen or pembimbing akademik dikampus hal yang mereka tanyain sama kita ketika ketemu or bimbingan konseling tentang masalah belajar pasti hal yang mereka tanyaiin pertama dalah berapa sich ipkmu ?  Jarang banget aku nemuin dosen atau apa yang apa sich yang udah kamu dapetin sapai sekarang setelah kami kuliah disini ?  and ipk juga penting   ketika ingin ngelamar kerja pasti hal yang dilihat pertama kali adalah ipk. karena gx mungkin banget kalau hrd tempat kita mau ngelamar kerjaan nelponin institusi tempat kita kuliah, kan repot banget!!!!!nggak nyalahin juga sich kalau dosen kita pasti ngarahin buat punya ipk tinggi

jadi aku nulis artikel ini terinspirasi dari diriku sendiri dan beberapa teman-teman ku yang ada di kelas , jadi sekarang aku udah semester 4 dan beberpa hari yang lalu aku baru nyadar kalau selama ini aku cuman belajar buat buktiin aku tu bisa / lebih dari dia ( maklum pengalaman sering diremehin ketika smp) terus belajar buat raih ipk tinggi ...... buat jadi juara kelas or juara umum ( walaupun belum pernah dapet yang peting usaha) dan buat ortu bangga tapi ada satu hal yang aku lupain dari semua motivasiku  buat belajar yaitu belajar buat tahu terus implementasi apa yang kita dapet dari pembelajaran itu. dan akku ngerasa jadi orang paling bodoh karena buang-buang waktu lebih dari satu setengah tahun cuma mikirin gimana sich caranya biar dapet ipk tinggi dan ngelupain esensi dari belajar itu. hal itu  aku sadarin ketika beberapa hari yang lalu salah satu dosenku nanya tentang tentang suatu topik yang kita pelajarin di matakuliah semester lalu ... dan hasilnya gak ada 1 orangpun yang jawab termasuk aku, rasanya malu bangt karena topik itu baru kita pelajarin waktu semester lalu and topik itu udah kita pelajarin dari sd, smp and sma . dan itu yang bener-bener buat aku sadar  kalau selama ini aku belajar buat ipk ,  dan ketika aku nanyain pertanyaan Apa sich yang udah kalian dapetin selama 1,5 tahun kuliah disini? kalian masih inget gx tentang topik  x,y or z  ( bukan nama topik yang sebenarny) ?  dan jawaban mereka yang buat aku terkejut and agak tercengang gitu  mereka bilang mereka lupa semua yang diajarin semester lalu dan semua pelajaran yang diajarin hilang tak berbekas ... padahal beberapa matakuliah ini tuch vital bangt buat masa depan. 

jadi ipk vs esensi dari belajar sebenararnya buat dilema tersendiri bagi kita  karena di satu sisi kita dituntut punya ip yang tinggi dan tentu aja buat kita belajar buat dapet ipk tinggi sehingga mengaburkan esensi sebenarnya dari belajar dan buat mahasiswa menghalkan segala cara buat dapet ipk tinggi salah satunya dengan buat contekan , nanya sama temen dan cara lainnya karena ipk penting buat kita buat nyari kerjaan dan di sisi lainnya kita juga punya beban buat bisa nerapin ilmu yang kita pelajarin dimasayarakat ....


posted by Ayu R


Tidak ada komentar:

Posting Komentar